Sabtu, 17 Agustus 2013

Lestarikan Lingkungan dengan Menanam Mangrove


Menyambut Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April, Puteri Indonesia Lingkungan 2009, Zukhriatul Hafizah, turut serta dalam kegiatan penanaman mangrove di kawasan Hutan Angke Kapuk, DKI Jakarta pada hari Selasa (20/4) lalu. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan United Tractors for NatuRe and Enviroment Sustainability (UTREES) yang diselenggarakan United Tractors bekerjasama dengan Yayasan Puteri Indonesia dan Yayasan Mangrove Indonesia.

Selain Puteri Indonesia Lingkunggan 2009, aktivitas penanaman bakau tersebut dihadiri juga oleh Dirjen Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial Kementerian Kehutanan Indriastuti, Perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup Cisman Sitorus, Ketua Yayasan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Mangrove Indonesia Candra Syah, dan Presdir United Tractors Djoko Pranoto.

Sebagai Puteri Indonesia Lingkungan, Fizah merasa senang dengan diselenggarakannya kegiatan ini dan semoga dapat dijadikan inspirasi bagi semua pihak. Fizah pun menyampaikan pentingnya tanaman mangrove bagi lingkungan. Kepada para peserta kegiatan, Fizah mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangatlah tepat dimana saat ini Bumi sedang merasa sakit akibat ulah manusia. Pemanasan global merupakan salah satu bukti nyata yang sedang kita hadapi saat ini. Kegiatan pelestarian lingkungan seperti menanam mangrove dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk kegiatan positif untuk mencegah kerusakan lingkungan bertambah parah, apalagi mengingat pentingnya tanaman mangrove bagi lingkungan dan ekosistem disekitarnya.

Tanaman mangrove memiliki banyak sekali manfaat seperti penahan abrasi pantai, penahan intrusi (peresapan) air laut, dan menurunkan kandungan gas karbon dioksida (CO2) di udara, dan bahan-bahan pencemar di perairan rawa pantai. Selain itu mangrove pun memainkan peranan penting dalam menjinakkan banjir pasang musiman (saat air laut pasang, pada musim hujan) dan sebagai pelindung wilayah pesisir. Melihat pentingnya tanaman mangrove, Fizah pun mengajak masyarakat untuk terus menanam dan melestarikan tanaman mangrove.


(Sumber Zukhriatul Hafizah - JG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts